Antara Blackberry dan IPhone…

Setelah sekian lama blog saya yang satu ini kutinggalkan karena kesibukan kerja (alasan yang dibuat-buat :p), akhirnya saya mempunyai inisiatif dan motivasi untuk menulis sesuatu d blog ini. Biasanya, kalau saya nge-post di blog ini, berarti apa yang saya tulis itu sesuatu yang berbau strategi pengembangan bisnis dan lain-lain, juga biasanya di tulis dalam bahasa inggris. Kali ini, saya mau menulis sesuatu yang simple dan ringan, tetapi tidak melenceng jauh dari strategi. Apa yang saya tulis kali ini adalah sebuah tren yang akan mem-booming dan jika dapat digunakan secara maksimal, dapat menjadi satu senjata yang ampuh di era teknologi informasi saat ini.

Pada jaman ini, dimana kecepatan dalam mengakses data sangat dibutuhkan sehingga memaksa orang-orang untuk selalu update dan up to date pada semua hal. Apabila orang ketinggalan informasi, logikanya peluang pun akan diambil oleh orang lain. Maka dari itu, peranan alat komunikasi pun bergeser, dari yang dulunya hanya dapat digunakan untuk menelepon dan mengirim surat (SMS), lalu bergeser lagi dan dapat untuk mengirim gambar (MMS), dan hingga saat ini alat komunikasi (gadget) dapat digunakan untuk internet serta ber-chatting ria layaknya chatting menggunakan MIRC yang dulu juga sempat booming, yaitu dengan menggunakan satu alat bernama Blackberry.

Penggunaan perangkat ini dulunya hanya digunakan sekedar untuk chatting dengan menggunakan satu fitur yang terdapat di dalamnya yaitu Blackberry Messenger (BBM). Tetapi, seiring dengan perubahan jaman dan semakin pentingnya informasi yang harus selalu up to date, pemakaian BBM pun digunakan untuk menginformasikan berita dari berbagai tempat pada saat itu, juga bagi mereka yang berjiwa marketing, dapat juga digunakan untuk strategi pemasaran secara berantai melalui Broadcast Message (BM). Bahkan pengguna dapat membentuk satu komunitas dengan membuat grup di dalam BBM. Dapat dikatakan mendekatkan yang jauh.

Lain halnya dengan IPhone, yang banyak digunjingkan orang sebagai handphone yang dapat memenuhi kebutuhan pemakainya dengan menyediakan fitur-fitur menyenangkan dan memori yang cukup besar. IPhone merupakan handphone dengan fitur entertaint terbanyak untuk saat ini yang membuat pemakainya tidak mudah merasa bosan, walaupun apabila keseringan memakainya, otomatis akan bosan juga. Bisa dikatakan IPhone sebagai Entertaintphone. Lalu, bagian mana yang membuat IPhone tetap di benak konsumen? Walaupun sekarang BB dapat dikatakan booming pada saat saya menulis postingan ini. Ini jawabannya, Apple senantiasa menjaga kualitas produknya dan sudah melekat di benak konsumen bahwa produk buatan Apple Corp. pasti bukan produk yang mudah mengalami trouble, baik itu pada software maupun hardware, sehingga pembeli setia produk Apple tetap menggunakan produk buatan Apple walaupun muncul produk baru yang menamakan dirinya Smartphone.

Perbedaan yang mendasar dari kedua produk ini yaitu, Smartphone, sesuai dengan tagline-nya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses data kapanpun dan dimanapun dengan biaya yang relatif rendah, juga memberikan kemudahan dalam stay connected kepada siapapun yang berada dalam jaringannya. Mengutip istilah Hermawan Kartajaya, from citizen to netizen, yang artinya masyarakat yang dulunya informasi hanya didapat dari 3 media: koran, televisi dan radio, sekarang informasi berada di dalam tangan. Sedangkan Entertaintphone memberikan kemudahan dan kenyamanan dengan fitur-fitur yang menarik, khususnya dalam games, sehingga konsumen di kala senggang dan bosan, dapat mengatasinya dengan entertaintphone yang dimiliki.

Sebenarnya apabila kedua gadget ini dibahas lebih jauh lagi dengan menggunakan berbagai ilmu, bisa seharian untuk membahasnya. Jadi, saya membahasnya hanya secara general dan mungkin tidak terlalu mendalam. Pembaca sekalian dapat mencari informasi lebih lanjut dengan browsing internet atau mencari literatur-literatur terkait. Sebelum saya mengakhiri postingan ini, sesuai penjelasan saya diatas bahwa kecepatan informasi dibutuhkan pada jaman sekarang, apakah Iphone yang dikenal dengan entertaintphone, ataukah BlackBerry yang dikenal sebagai smartphone yang akan memimpin pasaran komunikasi di masa-masa mendatang…??? (kalau bisa sertakan alasan juga ya… Thx…)

~ by Darwin Bintoro on November 8, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: