Apa itu marketing…???

Banyak dari kita ketika ditanya sesuatu tentang marketing, pasti banyak yang akan menjawab bahwa marketing itu jualan… Apakah salah…?? Sebenarnya tidak juga. Lalu, apakah marketing itu jualan…??? Belum tentu.

Marketing, jika dilihat dari artinya yang berasal dari market yang artinya pasar, dan ditambah akhiran -ing yang menandakan bahwa keadaan itu sedang terjadi. Dapat diartikan bahwa marketing, selain artinya pemasaran, juga berarti bahwa pasar itu sedang terjadi dan selalu dinamis tiap waktu. Singkat kata, perubahan di pasar selalu terjadi dan bagaimana kita sebagai pemasar dapat mengatasi bahkan menjadi creative marketer guna menciptakan ruang gerak baru dan menjadi trend setter dalam pasar yang selalu bergerak.

Di era globalisasi dan informasi harus selalu ter-update, peran sebuah penganalisa pasar memang besar. Karena suatu perusahaan agar dapat memenangi pasar, harus ditunjang dengan informasi yang akurat, maksudnya adalah mereka harus mengetahui kekuatan yang dimiliki dan kekuatan pesaing. Dengan begitu, pasti sebuah perusahaan dapat menjadi market leader karena apa yang diberikan kepada konsumen ataupun calon konsumen, bukanlah sesuatu yang abstrak dan diangan-angan, melainkan sesuatu yang memang benar-benar dibutuhkan pasar.

Pada masa sekarang, dimana kecepatan informasi merupakan suatu kewajiban di bidang usaha apapun, perusahaan yang tidak memanfaatkan keunggulan teknologi, secara perlahan namun pasti, akan kalah oleh pesaing dalam hal servis. Servis sendiri dibutuhkan oleh tiap perusahaan untuk memenangkan heart share konsumen. Apabila konsumen sudah percaya dan jatuh hati pada produk perusahaan tersebut, pesaing memberikan bonus seperti apapun, tidak akan dapat merubah image konsumen terhadap produk itu. Bahkan, ketika perusahaan sudah memenangkan hati konsumen dan melihat pesaing memberikan bonus-bonus tertentu, dalam benak konsumen pasti terlintas kata-kata seperti ini, “diberi bonus karena tidak laku” atau “belum tentu servisnya sebaik ini” atau “awalnya saja diberi bonus, selanjutnya..??”

Secara lebih ringkas, pemasaran itu bagaimana cara kita untuk memenangi sebuah persaingan, baik blue ocean market atau red ocean market. Untuk itu, perlu beberapa hal yang harus dipenuhi. Tetapi untuk lebih mudah, sebuah pemasaran harus memenuhi 3 hal ini yaitu, mind share, market share, heart share. Mind share itu maksudnya adalah bagaimana sebuah produk ingin ditempatkan di benak konsumen melalui positioning yang tepat, mau dianggap seperti apa produk yang kita pasarkan. Biasanya positioning ini diibaratkan sebagai tag line sebuah produk. Tetapi tidak selalu harus tag line, dapat juga berupa edukasi produk, seperti yang dilakukan oleh pocari sweat yang mengedukasi pasar selama +/- 12 tahun.

Setelah mind share, dilanjutkan market share dan memang harus berjalan seimbang kedua hal ini. Kenapa..??? Karena apabila sudah mind share dengan positioningtetapi produk yang dipasarkan tidak ada bedanya atau hampir mirip, dengan kata lain tidak ditunjang bagaimana kita memenangkan market share yaitu dengan sebuah perbedaan (differentiation), maka produk tersebut tidak akan dilirik oleh konsumen, bahkan mereka akan cenderung berpikir bahwa produk yang Anda pasarkan merupakan imitasi dari produk yang sudah beredar di pasaran.

Lalu, bagaimana agar kita sebagai pemasar dapat melakukan sebuah perbedaan dalam produk yang kita pasarkan…??? Caranya gampang, kita sebagai pemasar harus paham betul apa keunggulan produk kita dan bagaimana keunggulan produk kita ini bisa dimaksimalkan sehingga menjadi berbeda dan menjadi icon dari produk kita. Sebelum itu, perlu diingat bahwa bahwa positioning dan differentiation ini beebanding lurus. Jadi, apabila kita sebagai pemasar sudah melakukan mind share dengan memposisikan produk kita sedemikian rupa, tetapi tidak ditunjang dengan diferensiasi produk yang sesuai dengan positioning yang ditanamkan dalam konsumen, maka tidak akan ada gunanya bahkan produk tersebut akan terjun bebas dari pasaran, begitu juga sebaliknya.

Setelah mind share dan market share sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen, secara otomatis brand dari produk yang kita pasarkan dikenal jauh di dalam benak konsumen. Untuk mewujudkan hal tersebut, memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi keuntungannya untuk jangka panjang. Kebanyakan perusahaan setelah memasarkan produk mereka dan memperoleh keuntungan yang banyak, biasanya malas atau bahkan tidak melakukan servis guna kepentingan konsumen karena untuk melakukan servis itu, dibutuhkan biaya banyak dan hasilnya tidak kelihatan untuk waktu yang singkat dan bahkan terlihat hanya membuang-buang waktu, tenaga, pikiran dan biaya.

Servis yang dimaksud disini bukan hanya reparasi atau retur dari suatu produk, melainkan lebih jauh dari itu. Bagaimana kita memuaskan dan berusaha memenuhi keinginan konsumen, juga bagaimana kita sebagai pemasar dapat membuat produk kita sampai pada menciptakan konsumen yang loyal dengan produk kita. Hal itu adalah tantangan bagi pemasar untuk terus memenangkan heart share itu. Perlu juga diingat bahwa kita sebagai pemasar tidak bisa memuaskan banyak orang, tetapi bagaimana kita sebagai pemasar dapat memenangkan kuantitas dan kualitas dari konsumen. Setelah ketiga hal ini dicapai, value dari produk yang kita pasarkan akan melekat di benak konsumen atau dapat dikatakan kita telah memenangkan value share dari pesaing.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sharingkan. Untuk lebih mendalami, bisa mencari literatur-literatur terkait yang lebih berbobot dan lebih mendalam dari blog saya ini. Semoga bermanfaat…
Be CREATIVE…!!!

Posted with WordPress for BlackBerry.

About these ads

~ by Darwin Bintoro on November 12, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: